Selasa, 03 Mei 2011

Penghuni terakhir season 6


Peraturan dan sistem kerja Petir

Setiap minggu akan ada permainan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Boss, Pemegang Kunci, Asisten Rumah Tangga, dan Pemegang Kekebalan. Permainan bisa berupa apa saja yang telah diatur oleh pihak penyelenggara atau ANTV. Kemudian pada hari Jum'at malam yaitu pada malam ekstradisi, tayangan langsung akan menentukan siapa penghuni yang akan tersisih dan meninggalkan rumah tersebut.
Saat malam ekstradisi, 3 orang dengan sms terbawah (kecuali Boss dan Pemegang Kunci) akan duduk di kursi ekstradisi. Namun apabila di antara ketiga orang tersebut ada yang memiliki Kekebalan maka orang yang memiliki status kekebalan tersebut berhak untuk menggantikan dirinya dengan penghuni lain (selain Boss dan Pemegang Kunci) untuk duduk di kursi ekstradisi (bahkan yang mempunyai sms terbanyak). Kemudian, Boss mempunyai hak untuk menyelamatkan 1 orang di antara 3 calon terekstradisi, setelah itu Pemegang Kunci berhak meng-ekstradisi 1 di antara 2 orang tersisa itu.
Selain 3 peran tersebut (Pemegang Kunci, Boss, Kekebalan) ada pula penghuni yang mendapatkan predikat Asisten Rumah Tangga, dimana penghuni ini adalah penghuni yang kalah pada game pemilihan Asisten Rumah Tangga (3 penghuni dengan perolehan sms terendah pada tayangan Beranda biasanya di hari Selasa) diwajibkan untuk melakukan segala perintah yang diberikan oleh penghuni lain yang biasa berupa pekerjaan rumah tangga selama satu minggu di rumah tersebut.
Setiap penghuni yang terekstradisi memiliki wasiat, dimana penghuni yang tersisa wajib melakukan apa yang diminta oleh penghuni terekstradisi, tetapi jika perintah tersebut dipertimbangkan terlalu berat atau berbahaya, maka penyelenggara acara akan menolak wasiat tersebut.

[sunting]Pra-karantina

Dari ribuan peserta yang diaudisi dari 5 kota (Palembang, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogyakarta), disaring menjadi 32 orang yang kemudian dikarantina selama 4 hari oleh pihak ANTV untuk mempelajari peraturan, tata cara, dan seminar dalam acara Penghuni Terakhir. Kemudian tanggal 18 Februari 2011 32 orang tersebut disaring lagi menjadi 22 orang yang berhak untuk di-karantinakan dan memperebutkan hadiah hunian rumah. Sistem penyaringan dari 32 orang menjadi 22 orang adalah, 15 orang dengan sms teratas (yang terbagi menjadi 3 babak, 5 orang/babak) pemirsa langsung terpilih, sisanya 7 orang melalui proses pemilihan suara oleh 100 juri votelock (penonton pilihan antv yang datang ke studio dan berasal dari berbagai profesi). Melalui proses penyaringan, didapatkan 22 peserta yang akan di karantina kedalam sebuah rumah hunian selama kurang lebih 100 hari, dimana mereka tidak diperbolehkan berhubungan dengan dunia luar dan akan saling bersaing untuk menjadi peserta terakhir (Penghuni Terakhir) rumah yang mereka tinggal untuk mendapatkan sebuah rumah hunian bernilai 1 miliar Rupiah. 10 Calon Penghuni yang terekstradisi pada masa pra-karantina adalah Meymey, Bintang, Zaidan, Maria, Oche, Alex, Boboho, Yarri, Rani, Ruli.

[sunting]Penghuni Rumah Petir

PenghuniPelanggaranTerekstradisiDiekstradisi
Oleh
Mufid Sorimuda (Mufid)
26, Palembang
Minggu Pertama
25/02/2011
Lazu
Dinda
Surabaya
Diberikan kartu kuningMinggu Kedua
04/03/2011
Voting1
Mitha
20, Bandung
Minggu Kedua
04/03/2011
Shandy
Shinta Ade Triani (Shinta)
27, Yogyakarta
Minggu Ketiga
11/03/2011
Voting2
Adelia Citra (Adel)
Surabaya
Minggu Ketiga
11/03/2011
Astri
Yuni Inggiarti (Yuni)
20, Bandung
Minggu Keempat
19/03/2011
Voting3
Astri Hapsari (Astri)
Bandung
Minggu Keempat
19/03/2011
Iid
Lazuardi Linus Saputra (Lazu)
19, Palembang
Minggu Kelima
25/03/2011
Venny
Boy G. (Boy)
29, Jakarta
Minggu Keenam
01/04/2011
Ican
Muhammad Said (Iid)
19, Yogyakarta
Minggu Ketujuh
08/04/2011
Kiki
Amalia Citra Andini (Amel)
Yogyakarta
Minggu Kedelapan
15/04/2011
Shandy
Bram Panca (Panca)
Jakarta
Minggu Kesembilan
22/04/2011
Dicabut dirinya sendiri
(Richard)
5
Richard Ricardo (Richard)
22,Bandung
Minggu Kesepuluh
29/04/2011
Putri
Ayu Nitria (Ayu)
22, Palembang
Diberikan kartu kuning
Regina Indrisari (Egi)
Jakarta
Deni Gezod Diator (Gezod)
23, Bandung
Diberikan kartu kuningDiberikan kartu kuning
Hendra Genova Wijaya (Hendra)
22, Bandung
Rifkiansyah Zaki Chandra (Ican)
20, Palembang
Diberikan kartu kuning
Kiki
Jakarta
Rosnita Putri Permata Charmiliansyah (Putri)
21, Jakarta
Shandy Bintang Ridjali (Shandy)
27, Yogyakarta
Diberikan kartu kuning
Venny Mahardini (Venny)
21, Yogyakarta

[sunting]Tradisi

  • Boss menempati kamar khusus yang mana hanya ditempati oleh penghuni yang terpilih menjadi Boss setiap Senin.
  • Di ruang tengah terdapat foto finalis Penghuni Terakhir 2011, dan setiap yang terekstradisi akan di coret fotonya dengan pilox berwarna merah.
  • Sebelum malam Ekstradisi para penghuni membuat wasiat jika dia terekstradisi. Setelah penghuni itu terekstradisi penghuni lain yang masih bertahan harus menjalankan wasiat dari penghuni yang telah terekstradisi.

[sunting]Ekstradisi

ProsesEkstradisiFinal
PeriodeMinggu 1Minggu 2Minggu 3Minggu 4Minggu 5Minggu 6Minggu 74Minggu 8Minggu 95Minggu 10Minggu 11Minggu 12Minggu 13Minggu 14Road to FinalFinalGrand Final
Asisten Rumah TanggaVennyEgiAyuIidRichardShandyGezodVennyAyuIcanN/A
PosisiPenghuni
AyuBOSSSAVEDIMUN
EgiIMUNSAVED
GezodIMUNBOSS
HendraBOSSBOSSBOSSSAVED
IcanSAVEDKUNCIBOSSIMUN
KikiSAVEDBOSSKUNCISAVED
PutriBOSSIMUNSAVEDKUNCIBOSS
ShandyKUNCIBOSSIMUNSAVEDKUNCI
VennyIMUNKUNCIIMUNBOSS
10RichardSAVEDSAVEDKUNCIEKST
11PancaSAVEDSAVEDSAVEDSAVEDEKST
12AmelIMUNEKST
13IidSAVEDSAVEDKUNCISAVEDEKST
14BoyIMUNEKST
15LazuKUNCISAVEDEKST
16-17AstriKUNCIEKST
YuniEKST3
18-19AdelSAVEDSAVEDEKST
ShintaEKST2
20-21MithaEKST
DindaEKST1
22MufidEKST

[sunting]Penggantian peserta Imun dengan penghuni yang dipilihnya

HariPeserta ImunPilihan PenggantiHasil Keputusan Pengganti
Minggu 10AyuHendra,Richard,EgiHendra
keterangan: nama yang digarismiringkan itu artinya dia telah duduk di kursi ektradisi

[sunting]Keterangan

     Penghuni pria
     Penghuni wanita
     Pemenang Penghuni Terakhir
     Penghuni yang memiliki Kekebalan / Imunitas pada minggu tersebut
     Penghuni yang menjadi Penghuni Pilihan
     Penghuni yang menjadi ART (Asisten Rumah Tangga) minggu tersebut
     Penghuni yang menjadi Boss pada minggu tersebut
     Penghuni yang menjadi Pemegang Kunci pada minggu tersebut
     Penghuni yang duduk di kursi ekstradisi, namun diselamatkan oleh Boss
     Penghuni yang duduk di kursi ekstradisi, namun diselamatkan oleh Pemegang Kunci
     Penghuni yang terekstradisi
     Penghuni yang telah terekstradisi namun kembali berkompetisi karena mendapatkan Amnesti
1Dinda terekstradisi melalui voting para penghuni. 17 suara memilih Dinda, sedangkan Adel dan Mitha selamat tanpa ada yang memilih mereka untuk diekstradisi. (Pemegang Kunci dan 3 calon terekstradisi tidak melakukan voting).
2Shinta terekstradisi melalui voting para penghuni. 8 suara memilih Shinta, sedangkan Adel memiliki 6 suara dan Iid memiliki 1 suara yang memilih mereka untuk diekstradisi. (Pemegang Kunci dan 3 calon terekstradisi tidak melakukan voting).
3Yuni terekstradisi melalui voting para penghuni. 7 suara memilih Yuni, sedangkan Astri memiliki 4 suara dan Panca memiliki 2 suara yang memilih mereka untuk diekstradisi. (Pemegang Kunci dan 3 calon terekstradisi tidak melakukan voting).
4Shandy tidak hadir pada malam ekstradisi di Minggu Ke 7 dikarenakan ibundanya meninggal dunia.
5Panca mencabut kalung kuncinya sendiri. Melihat hal itu Kiki juga mencabut kuncinya sendiri dan terpaksa Richard mengekstradisi salah satu diantara mereka dengan menyebutkan nama yang ingin dia ekstradisi bukan dengan mencabut salah satu kunci penghuni seperti biasanya.

[sunting]Trivia

  • Hendra adalah penghuni pertama yang menjabat sebagai Boss terbanyak yaitu tiga kali (minggu ke 1, 4 dan 9) disusul oleh Putri sebanyak dua kali (minggu ke 2 dan 11) sementara yang lainnya saat ini masih satu kali.
  • Putri adalah penghuni wanita pertama yang menjabat boss sebanyak 2 kali (minggu ke 2 dan ke 11) dan penghuni wanita yang lainnya masih satu kali
  • Venny (minggu ke 1 dan 8) dan Ayu (minggu ke 3 dan 9) adalah penghuni yang menjabat sebagai ART terbanyak yaitu dua kali sementara yang lainnya saat ini masih satu kali.
  • Shandy adalah penghuni pertama yang menjabat sebagai Pemegang Kunci terbanyak yaitu dua kali (minggu ke 2 dan 8) sementara yang lainnya saat ini masih satu kali.
  • Venny adalah penghuni pertama yang menjabat sebagai Kekebalan (Imun) terbanyak yaitu dua kali (minggu ke 1 dan 8) sementara yang lainnya saat ini masih satu kali.
  • Putri adalah penghuni wanita yang pertama menjabat sebagai Boss (minggu ke 2) dan disusul oleh Ayu (minggu ke 6) dan Venny (minggu ke 10)
  • Shandy, Venny dan Ican adalah penghuni pertama yang sudah menjabat semua gelar Pemegang Kunci ,Boss ,Imun serta Asisten Rumah Tangga.
  • Gezod adalah penghuni pertama yang menjabat 3 gelar yaitu, Boss (minggu ke 8), Imun (minggu ke 7) serta Asisten Rumah Tangga (minggu ke 7) dalam satu hari.
  • Shandy (minggu ke 2 dan 3), Ican (minggu ke 6 dan 7) dan Putri (minggu 10 dan 11) adalah penghuni yang minggu sebelumnya menjadi Pemegang Kunci dan menjadi Boss pada minggu selanjutnya.
  • Gezod (minggu ke 7 dan 8) adalah penghuni yang minggu sebelumnya menjadi pemegang Imun dan menjadi Boss pada minggu selanjutnya.
  • Iid adalah penghuni pertama yang merangkap jabatan sebagai ART dan Pemegang Kunci (minggu ke 4).
  • Venny, Egi dan Gezod adalah penghuni yang merangkap jabatan sebagai ART dan Kekebalan (Imun) (minggu ke 1, 2, 7 dan 8).
  • Venny adalah penghuni pertama yang merangkap jabatan dua kali, bahkan didua jabatan yang sama, ART dan Kekebalan (Imun) (Minggu ke 1 dan 8).
  • Panca adalah penghuni yang sering diselamatkan oleh Boss dengan dua kali.
  • Iid dan Panca adalah penghuni yang sering diselamatkan oleh Pemegang Kunci dengan dua kali.
  • Astri dan Richard adalah penghuni yang minggu sebelumnya menjadi Pemegang Kunci dan langsung terekstradisi pada minggu selanjutnya.
  • Astri adalah mantan Pemegang Kunci pertama yang terekstradisi dan disusul oleh Lazu, Iid dan Richard.
  • Boy adalah mantan Pemegang Imun pertama yang terekstradisi dan disusul oleh Amel.
  • Iid adalah mantan Pemegang ART pertama yang terekstradisi dan disusul oleh Richard.
  • Pada ekstradisi minggu keempat, untuk pertama kalinya di Penghuni Terakhir, keempat penghuni yang berada di Zona Ekstradisi tidak minta permohonan untuk diselamatkan oleh Boss (Hendra).

[sunting]Lihat pula

[sunting]Pranala luar

Didahului oleh:
Musim kelima (2010)
Penghuni Terakhir
Musim keenam (2011)
Digantikan oleh:
sedang diproses masa tayang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar